Cara Ternak Ayam Broiler Sukses Paling berhasil yang Wajib Anda Lakukan!

Ayam broiler menjadi ras yang paling banyak dibudidayakan hal itu dikarenakan kebutuhan ayam ini dari waktu ke waktu semakin meningkat. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya restoran yang membuka bisnis berhubungan dengan olahan daging ayam. Tidak hanya itu saja ayam ini juga banyak dijadikan sebagai konsumsi pribadi dan juga konsumsi orang banyak terutama saat hajatan maupun saat acara tertentu. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak yang melirik bisnis ini karena peluangnya yang terbuka dengan lebar.

Beternak Ayam Broiler Sukses

Memang peluang dari bisnis ayam broiler ini sangat menggiurkan dan terbuka dengan lebar namun menggeluti bisnis peternakan ayam broiler tidak mudah. Dibutuhkan cara dan teknik yang benar supaya tidak banyak ayam yang mati. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis peternakan ayam broiler, simak cara ternak ayam broiler sukses seperti berikut ini:

  1. Bibit yang berkualitas

Kunci kesuksesan peternakan ayam broiler adalah bibit yang berkualitas. Hanya bibit berkualitas yang bisa bertahan sampai masa panen tiba, hal itu dikarenakan ayam broiler rawan dari penyakit dan hanya bibit yang berkualitas baguslah yang memiliki sistem imun yang kuat.

  1. Perawatan DOC yang benar

Cara ternak ayam broiler sukses selanjutnya adalah harus merawat DOC dengan benar. DOC ini juga menjadi kunci kesuksesan dalam ternak ayam broiler. Semakin banyak DOC yang hidup maka semakin banyak ayam yang bisa dipanen dan hal tersebut akan menguntungkan bagi Anda. Untuk merawat DOC yang tepat adalah berikanlah kandang yang aman dan nyaman. Supaya aman kandang harus diawasi supaya tidak ada hewan lain yang memangsa DOC tersebut. Kandang juga harus nyaman dimana di dalamnya ada brooder atau penghangat dan juga dilengkapi dengan cahaya lampu.

  1. Pakan yang benar

Pakan menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh Anda. Hal itu dikarenakan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan juga produktivitas ayam broiler tersebut. Ayam yang tidak diberikan pakan bernutrisi dagingnya tidak akan bisa bertambah dengan pesat sehingga bobotnya bisa di bawah standar. Tidak hanya itu saja, pemberian pakan ini harus disesuaikan umur atau periodenya, dan harus tepat waktu.

  1. Kandang yang ideal

Untuk bisa beternak ayam broiler secara sukses penting bagi Anda untuk memperhatikan seperti apa kandang yang ideal untuk tumbuh kembang ayam broiler ini karena tiap ayam memiliki kandang idealnya masing-masing. Untuk ayam broiler ada dua jenis kandang yang bisa di pilih yaitu open house atau closed house. Untuk kandang open house ini lebih murah dan perawatannya lebih mudah, namun kelemahannya adalah saat musim kemarau akan membuat ayam lebih rentan sakit karena banyak sisi yang terbuka sehingga menyebabkan virus maupun bakteri mudah masuk ke dalam kandang dan menular ke ayam. Closed house lebih unggul dibandingkan dengan open house karena ayam akan aman di dalam kandang dan dilengkapi dengan teknologi yang modern, meski begitu Anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam untuk menggunakan kandang jenis ini.

  1. Vaksin

Ayam broiler masih membutuhkan vaksin untuk melindunginya dari berbagai macam penyakit ayam. Penyakit ayam broiler ini tidak boleh disepelekan karena akan mudah menyebar dengan cepat, selain itu ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan berefek pada kematian. Berikanlah vaksin lengkap supaya ayam mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Selain memperhatikan cara ternak ayam broiler sukses seperti yang disebutkan di atas, Anda juga harus membuat bisnis peternakan ayam yang Anda geluti bebas dari antibiotik karena kebanyakan mengonsumsi daging dengan antibiotik akan membuat orang tersebut jadi resistan terhadap antibiotik.

Jika membutuhkan daging ayam potong segar dan berkualitas, silahkan menghubungi marketing kami

Marketing & Support

Menyediakan pasokan ayam karkas dan ayam utuh. Dari ayam broiler pilihan daging segar dipotong langsung dan halal. Siap kirim ke tempat anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Today Rp. 30.000/Ekor

Update Today

Rp. 30.000/ekor

#minimal Pembelian 50 Ekor

Order Sekarang

x